Entri yang Diunggulkan

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah

dikesempatan ini mimin akan membuat artikel tentang 5 Makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker. Salah satu penyakit yang palin...

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah
Cara Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami

- Sunday 8 July 2018

Sariawan, sebuah keadaan yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang, namun rasa tidak nyaman dan perihnya sering kali membuat orang-orang yang sedang dihinggapinya tidak berhenti untuk mengeluh.
Ketika sedang sariawan, biasanya seseorang tidak akan merasa nyaman ketika menyantap makanan atau berbicara, sehingga akan sangat mempengaruhi hari-hari mereka.
Saat ini, memang sudah ada beberapa obat untuk mengobati sariawan. Namun, akan lebih baik jika Anda mencoba beberapa cara menghilangkan sariawan dengan cara dan bahan alami terlebih dahulu. Hal ini semacam menjadi pelajaran bagi tubuh agar tidak langsung bergantung pada obat ketika sedang mengalami sedikit masalah dengan kesehatannya.

Cara Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami

Jika diruntut dan diingat-ingat kembali, ada banyak sekali cara menghilangkan sariawan yang bisa dicoba di rumah, namun tentu saja tidak bisa langsung dituliskan semuanya kali ini.
Berikut kami rangkum beberapa cara mengatasi sariawan yang paling disarankan dan tentunya sangat ampuh tanpa efek samping. Diantaranya adalah :

Menggunakan Air Garam

Cara menghilangkan sariawan pertama ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang sudah paling umum untuk dilakukan. Namun, biasanya ketika dilakukan akan sedikit memberikan rasa perih, sehingga tidak jarang orang yang menggunakannya akan meringis menahan perih.Benar sekali, cara pertama ini ialah dengan menggunakan garam. Atau lebih tepatnya air garam yang digunakan dengan cara berkumur-kumur. Dengan berkumur menggunakan air garam, bakteri penyebab sariawan akan hilang sehingga sariawan akan menjadi lebih cepat sembuh.

Mengkonsumsi Buah-buahan


Munculnya sariawan bisa saja disebabkan oleh kurangnya vitamin C dan vitamin-vitamin lainnya. Oleh sebab itu, cukupilah asupan beberapa vitamin agar bisa membantu Anda untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Carilah buah-buahan yang mengandung vitamin B12 juga.
Buah-buahan dengan kandungan tersebut biasanya tidak terlalu mahal dan mudah untuk didapat, sehingga Anda tidak perlu merasa was-was. Beberapa buah-buahan yang bisa Anda jadikan pilihan utama dalam pengaplikasian cara menghilangkan sariawan ialah tomat, jeruk dan juga beberapa buah lainnya.

 Menggunakan Minyak Peppermint

Mungkin tidak semua tempat di Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan minyak peppermint. Namun, jika di daerah Anda bisa mendapatkannya, jangan ragu untuk membelinya karena di saat-saat tertentu bisa sangat membantu Anda, salah satunya ialah ketika Anda sedang mengalami masalah sariawan.
Karena sudah berbentuk minyak, maka cara mengobati sariawan dengan bahan ini akan sangat mudah, yakni Anda hanya perlu untuk mengoleskannya saja.
Minyak peppermint ini akan sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan perih karena sariawan. Agar lebih cepat sembuh, oleskanlah minyak peppermint ini dua kali dalam satu hari.

Menggunakan Pisang Dan Madu

Salah satu obat sariawan alami yang juga cukup sering digunakan ialah dengan menggunakan pisang dan madu. Kedua bahan ini memang merupakan bahan dengan rasa yang nikmat dan manis, jadi jangan heran jika cara yang satu ini akan menjadi salah satu cara yang paling difavoritkan.
Untuk membuatnya, setelah Anda menyiapkan kedua bahan tadi maka langkah selanjutnya ialah dengan menghaluskan pisang. Jika malas menghaluskannya sendiri, maka bisa menggunakan blender.
Ketika menghaluskan, tambahkan madu sedikit saja. Lalu, Anda tinggal mengoleskannya dan memarkan campuran tadi melekat beberapa saat pada bagian yang sedang bersariawan.

Menggunakan Yoghurt

Cara menghilangkan sariawan terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan memanfaatkan yoghurt. Yoghurt bisa menyeimbangkan bakteri yang ada di dalam tubuh terlebih di bagian mulut. Itu artinya, yoghurt juga bisa mengontrol bakteri yang seringkali menjadi penyebab utama munculnya sariawan.
Karena tekstur yoghurt yang sudah sedikit cair, maka Anda tidak perlu melakukan beberapa langkah atau usaha lainnya, melainkan hanya tinggal mengoleskannya saja pada bagian mulut yang sedang terkena sariawan.
Atau, Anda juga bisa langsung mengonsumsi yoghurt seperti biasa saja, karena sengaja atau tidak sengaja yoghurt akan mengenai bagian yang sedang sariawan.
Dari kesepuluh cara mengobati sariawan yang sudah disebutkan tadi, cara mana yang akan Anda coba untuk pertama kalinya? Cara manapun yang Anda pilih, akan lebih baik jika Anda melakukannya dengan rutin dan yakin, sehingga sariawan bisa lebih cepat untuk hilang dari mulut Anda.