Entri yang Diunggulkan

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah

dikesempatan ini mimin akan membuat artikel tentang 5 Makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker. Salah satu penyakit yang palin...

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah
Cara mengobati sesak nafas/asma secara alami

Cara mengobati sesak nafas/asma secara alami

- Monday 30 July 2018


Sesak nafas adalah gangguan pernafasan yang meliputi kondisi tubuh semakin lemah, nafas menjadi berat dan putus-putus, serta mudah lelah. Sesak nafas dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal, mulai dari akibat merokok, karena batuk yang tidak kunjung sembuh, hamil, hingga penyakit asma.
Selain itu, sesak nafas juga dapat menjadi indikasi suatu penyakit kronis lainnya yang sangat berbahaya. Sesak nafas tentu membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Bahkan, sesak nafas dapat mengganggu aktivitas penderitanya.
Jika Anda sedang mengalami sesak nafas, sebaiknya Anda tidak perlu buru-buru ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Pasalnya, ada cara menghilangkan sesak nafas dengan cepat dan alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Serai

cara menghilangkan sesak nafas
Tahukah Anda bahwa serai tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga sebagai obat alami untuk meredakan sesak nafas? Nah, jika biasanya serai digunakan untuk menyedapkan aroma masakan, namun kali ini serai digunakan untuk mengatasi sesak nafas.
Caranya cukup mudah, siapkan 10 batang serai yang sudah dicuci hingga bersih. Kemudian, rebus serai dengan dua gelas air. Sementara serai masih direbus, tambahkan sedikit gula merah ke dalam air rebusan serai. Setelah air mendidih, Anda hanya perlu menunggu sesaat lagi hingga air rebusan serai itu menjadi satu gelas saja.
Saring air rebusan serai tersebut ke dalam gelas. Jika sudah hangat, Anda harus meminumnya hingga habis. Pengobatan sesak nafas dengan serai ini bisa Anda lakukan rutin setiap pagi sampai gangguan pernafasan Anda hilang.

2. Pernafasan Perut

pernafasan perut
Penyakit maag juga dapat mengakibatkan sesak nafas. Hal ini terjadi karena penderita penyakit maag tidak kunjung mengkonsumsi obat ketika asam lambungnya naik. Namun, ada cara menghilangkan sesak nafas akibat penyakit lambung yang bisa Anda coba lakukan. Berikut adalah latihan pernafasan perut untuk meredakan sesak nafas:
  1. Baringkan tubuh telentang senyaman mungkin dan letakkan bantal di bawah kepala. Tekuk lutut Anda untuk memberi relaksasi pada perut. Tekan perut dengan salah satu tangan secara perlahan tetapi ditekan dengan kuat. Lanjutkan dengan bernafas dari hidung menggunakan otot-otot perut Anda.
  2. Ketika Anda menarik nafas, angkat tangan yang tadi menekan perut Anda. Setelah Anda membuang nafas, maka letakkan kembali tangan di atas perut sembari menekannya dengan kuat. Lalu, letakkan tangan yang lainnya di atas dada.

3. Daun Sirih

daun sirih
Bukankah daun sirih berfungsi untuk membersihkan organ intim kewanitaan? Ya, daun sirih memang kerap kali digunakan untuk membersihkan Miss V dari bakteri dan jamur. Namun, daun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sesak nafas.
Ada beberapa kandungan alami di daun sirih yang berfungsi untuk meredakan sesak nafas, seperti minyak atsiri, fenil propane, estragol, hidroksikavicol, kavibetol, cadinene, tannin, pati, diastase, cineole, dan terpennena.
Cara menggunakan daun sirih sebagai obat sesak nafas alami adalah dengan menyiapkan 5 lembar daun sirih dengan setengah sendok teh daun lada. Kedua bahan tersebut harus ditumbuk hingga halus. Nah, setelah itu Anda bisa mengoleskan tumbukan daun sirih dan daun lada ke area dada. Aplikasikan bahan alami ini ke dada setiap kali Anda merasakan sesak nafas.

4. Ubah Posisi Duduk

Bagi penderita sesak nafas sebaiknya mereka berbaring setengah duduk di tempat yang nyaman. Biarkan tubuh nya membentuk sudut 45 – 90 derajat. Beri ganjalan bantal di belakang kepala dan punggungnya. Posisi ini sangat bermanfaat untuk membuat paru-paru lebih mudah mengembang agar oksigen dapat masuk secara maksimal.

5. Jahe

cara membuat wedang jahe
Rempah yang satu ini sangat dikenal sebagai herbal alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jahe bisa meredakan sakit tenggorokan , sakit perut, dan sakit kepala. Ternyata jahe juga dapat digunakan untuk meredakan sesak nafas yang mengganggu.
Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan 3 ruas jahe yang sudah dikupas. Setelah itu, bakar jahe lalu memarkan. Seduh jahe tersebut bersama satu gelas air, kemudian tambahkan gula batu secukupnya. Penderita sesak nafas harus meminum air rebusan jahe ini dalam kondisi hangat. Minum dua kali sehari sampai sesak nafas Anda hilang.

demikian cara mengatasi sesak nafas secara alami semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua 
sekian dari saya share jika artikel ini bermanfaat