Entri yang Diunggulkan

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah

dikesempatan ini mimin akan membuat artikel tentang 5 Makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker. Salah satu penyakit yang palin...

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah
mengatasi ruam popok secara alami

mengatasi ruam popok secara alami

- Saturday 28 July 2018

Tidak peduli seberapa telatennya kamu mengurus Si Kecil, sewaktu-waktu dia bisa saja mengalami ruam popok. Ya, itu umum terjadi dan kebanyakan bayi mengalaminya,
kok
. Selain tanda-tanda di atas, ruam popok juga mungkin dialami olehnya jika kamu melihat adanya bintik-bintik, jerawat, luka lecet pada area popok, atau kulitnya terasa panas ketika disentuh.



Ini Dia Cara Mengatasinya

Yang perlu kamu ingat di sini adalah, kamu harus selalu menjaga agar kulitnya selalu bersih dan kering. Nah, untuk membantu mengatasi ketidaknyaman yang dialami Si Kecil, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:
  • Ingat, cuci bersih tanganmu sebelum mengganti popoknya.
  • Cara terbaik untuk menjaga agar area popok tetap bersih dan kering yaitu segera mengganti popoknya ketika sudah basah atau terkena tinja.
  • Lalu, bersihkan area tersebut dengan air bersih. Kamu bisa memakai sabun yang lembut untuk membantu membersihkan kulitnya sehabis buang air besar. Usap-usap dengan lembut. Ketika sulit mendapatkan air, kamu bisa memakai tisu basah. Pilih tisu basah yang bebas alkohol dan pewangi.
  • Pastikan area tersebut benar-benar bersih dan kering sebelum kamu mengoleskan krim atau salep. Kamu bisa mengoleskan krim atau salep (tanpa resep) yang mengandung zinc oxide.
  • Setelah krim atau salep tersebut kering, kamu bisa memakaikan popok kembali.
Jika ruam popok yang dialami Si Kecil termasuk parah dan belum juga membaik atau justru memburuk setelah 2- 3 hari melakukan penanganan di atas, kamu bisa melakukan perawatan ekstra untuknya, seperti:
  • Membawanya ke dokter. Kemungkinan dokter akan meresepkan krim steroid, krim antijamur (jika dia terinfeksi jamur), atau antibiotik (jika dia terinfeksi bakteri).
  • Kamu bisa membersihkan area popok dengan menyemprotkan air memakai botol penyemprot. Hindari menggosok kulitnya yang sedang lecet.
  • Biarkan Si Kecil terbebas dari popok. Hal ini bisa membuat area ruam popoknya kering sehingga mempercepat penyembuhan.
  • Gunakan popok dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya.
Biasanya ruam popok memerlukan beberapa hari untuk sembuh. Jika ruam popok belum juga membaik meski sudah dioleskan obat dari dokter, kamu bisa membawanya ke dokter spesial kulit untuk penanganan lebih lanjut.