Entri yang Diunggulkan

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah

dikesempatan ini mimin akan membuat artikel tentang 5 Makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker. Salah satu penyakit yang palin...

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah
4 cara mengatasi gusi bengkak secara alami

4 cara mengatasi gusi bengkak secara alami

- Wednesday 1 August 2018


Metode pengobatan gusi bengkak secara alami yang akan dijelaskan berikut ini aman digunakan dan berdasarkan bukti ilmiah (lihat sumber di bawah). Akan tetapi bagi ibu hamil, menyusui, atau mereka yang mengidap penyakit tertentu, ada baiknya mengonsultasikan penggunaannya lebih dulu dengan dokter. Anda yang mengalami pendarahan atau kesakitan, serta tidak merasakan perbaikan sedikitpun setelah menggunakan bahan alami di bawah ini, juga harus segera memeriksakan diri ke dokter. Alasannya, jika tak segera dirawat, gusi bengkak dapat memicu munculnya penyakit lain. Soal waktunya, metode pengobatan rumah untuk gusi bengkak ini rata-rata baru menunjukkan hasil setelah beberapa hari, namun biasanya butuh waktu sedikit lebih lama agar sembuh total. Pada kebanyakan kasus, gusi bengkak biasanya reda dalam waktu 10-14 hari. Semakin serius kondisinya, maka biasanya butuh waktu lebih lama pula untuk sembuh. Meski dalam mengobati gusi bengkak ini menggunakan bahan alami, namun Anda tetap tidak boleh menelannya. Alasannya karena obat alami sudah mengandung toksin dan bakteri dari jaringan mulut sehingga tak aman kalau sampai masuk dalam tubuh. Sebelum membahas detil apa saja bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak, mari lakukan cara merawat kebersihan gusi dan gigi berikut: Sikatlah gigi sedikitnya 2 kali sehari. Jika memungkinkan, lakukan setiap kali usai makan. Bila perlu, gunakan sikat gigi elektrik untuk memaksimalkan proses pembersihan gigi. Pastikan kalau sikat gigi memiliki bulu yang lembut (berlabel “soft” atau “extra-soft”). Ganti sikat gigi dengan yang baru setiap 3 bulan sekali. Gunakan dental floss atau benang gigi setiap hari. Pakailah mouthwash alami. Kunjungi dokter gigi sedikitnya setahun sekali. Jangan merokok atau mengunyah tembakau. Batasi konsumsi makanan manis. Setelah memahami beberapa tips tadi, maka kini saatnya menyimak obat alami apa saja yang bisa dipakai untuk mengobati gusi bengkak.
pastikan sudah merawat gigi dengan baik

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak di Rumah

1. Air garam
Hasil studi tahun 2016 menunjukkan kalau berkumur air garam dapat menyembuhkan gusi bengkak. Hal ini dikarenakan garam mengandung disinfektan alami yang membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Di samping itu, air garam juga mampu meredakan radang gusi, sakit, mengurangi bakteri, membersihkan sisa makanan, dan menghilangkan bau mulut. Alasan lainnya kami jelaskan disini: Keampuhan Air Garam untuk Menyembuhkan Gusi Bengkak Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan garam sangat mudah dilakukan. Anda tinggal menambahkan ½ -3/4 sdt garam ke dalam segelas air hangat, aduk rata. Gunakan itu untuk berkumur selama 30 detik, sebanyak 2-3 kali sehari. Hindari terlalu sering atau kelamaan berkumur dengan air garam karena dapat merusak email gigi. Penggunaan obat gusi bengkak alami ini secara jangka panjang juga tak dianjurkan karena bisa membuat gigi erosi.

2. Minyak sereh
(lemongrass oil) Hasil studi tahun 2015 menyebutkan kalau dibanding mouthwash yang mengandung chlorhexidine, minyak sereh ternyata lebih efektif dalam mengurangi plak dan risiko gusi bengkak. Untuk membuat obat kumur alaminya, cukup encerkan 2-3 tetes minyak sereh ke dalam secangkir air. Berkumurlah dengan itu selama 30 detik, lakukan 2-3 kali per hari.

3. Lidah buaya
Riset tahun 2016 menemukan bahwa lidah buaya sama efektifnya dengan chlorhexidine untuk urusan mengurangi plak dan gusi bengkak. Anda tak perlu mengencerkannya dengan air, cukup kumur-kumur jus murni lidah buaya selama 30 detik, sebanyak 2-3 kali sehari. Cara mengobati gusi bengkak di rumah ini secara umum tergolong aman, namun kalau alergi lidah buaya, maka jangan menggunakannya.
4. Tea tree oil
Hasil studi tahun 2014 mengatakan kalau berkumur dengan larutan minyak tea tree dapat mengurangi pendarahan gusi. Cukup bubuhkan 3 tetes tea tree oil ke dalam secangkir air hangat, lalu berkumurlah selama 30 detik. Ulangi 2-3 kali sehari. Alternatif lain adalah dengan membubuhkan 1 tetes tea tree oil ke atas pasta gigi sebelum menyikat gigi.

demikian cara diatas untuk mengatasi gusi bengkak secara alami semoga bermanfaat buat kita semua
jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat