Entri yang Diunggulkan

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah

dikesempatan ini mimin akan membuat artikel tentang 5 Makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker. Salah satu penyakit yang palin...

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah
5 cara mengatasi biang keringat secara alami

5 cara mengatasi biang keringat secara alami

- Wednesday 1 August 2018


Meskipun dianggap penyakit kulit yang ringan, biang keringat sebaiknya tetap ditangani dengan benar. Mengatasi ‘keringat buntet’ tidaklah sulit, bahkan dengan melakukan beberapa cara menghilangkan biang keringat secara alami sudah dapat diandalkan. Biang keringat atau miliaria merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat adanya penyumbatan pada saluran keringat yang menyebabkan munculnya ruam kecil berwarna merah yang terkadang ada nanah kecil di ujungnya.
Meskipun dapat menyerang siapa saja, namun yang paling sering menjadi korbannya adalah bayi. Tak heran, karena kulit bayi belum sepenuhnya mampu menjalankan fungsinya, termasuk mengeluarkan keringat. Selidik punya selidik, faktor cuaca panas dan lembab lah yang sering menjadi pemicu biang keringat. Untuk itu, sebagai langkah awal dalam mengatasi biang keringat adalah dengan mengurangi faktor pemicunya. Menghindari sengatan matahari langsung, mengenakan pakain longgar, hindari kain sintetis, dan rajin mandi dua kali sehari sangat dianjurkan. Selanjutnya Anda juga bisa menerapkan beberapa cara alami menghilangkan biang keringat secara alami berikut ini.

1. Air Dingin atau Es
 Menggunakan air dingin atau es, baik itu untuk kompres atau untuk mandi bisa jadi pilihan untuk mengurangi pembengkakan, rasa gatal dan panas akibat biang keringat. Cara yang bisa dilakukan seperti berikut: Bungkus es batu dengan handuk kecil atau kain yang cukup tebal (hindari mengaplikasikan es langsung ke kulit). Letakkan bungkusan es tadi pada kulit yang terkena biang keringat selama 10 menit. Ulangi hingga 4 atau 6 kali sehari selama dua atau tiga hari. Cara ini dapat mencegah biang keringat menjadi semakin parah dan menyebar. Rendam kain kompres pada mangkuk berisi air dingin atau air es. Gunakan kain ini untuk kompres pada bagian kulit yang ruam dan gatal selama 10 menit. Ulangi tiga sampai empat kali sehari selama seminggu. Mandi atau berendamlah dengan air dingin untuk menghilangkan gejala panas dan gatal.

2. Oatmeal
 Bahan makanan yang lebih sering dikonsumsi saat sarapan ini ternyata cukup ampuh meredakan biang keringat. Hal itu karena oatmeal memiliki sifat antiradang, anti-iritasi, dan efek menenangkan bagi kulit. Berikut cara ampuh menghilangkan biang keringat dengan oatmeal: Tuangkan satu mangkuk kecil oatmeal yang sudah digiling halus ke dalam bathtub berisi air dingin. Aduk-aduk hingga air menjadi agak keruh seperti susu. Berendamlah pada air oatmeal tadi selam 20 sampai 30 menit. Keringkan badan dengan handuk. Lakukan dua kali sehari selama seminggu hingga kondisi membaik.

3. Bubuk Kayu Cendana
Kayu cendana lebih terkenal karena aromanya yang wangi sehingga sering digunakan dalam ritual adat. Namun dalam bentuk bubuk, kayu ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk kulit, terutama untuk kulit berminyak. Bubuk kayu cendana memiliki sifat antiradang dan mampu mengurangi minyak berlebih di kulit. Berikut cara menghilangkan biang keringat dengan bubuk kayu cendana: Sediakan bubuk kayu cendana dan air mawar dengan komposisi sama banyak. Campurkan dua bahan ini hingga membentuk pasta. Kemudian aplikasikan pada kulit yang terkena biang keringat, biarkan hingga pasta mengering. Cuci bersih dengan air dingin setelahnya. Lakukan cara alami menghilangkan biang keringat ini selama satu atau dua minggu. Bisa juga menggunakan campuran masing-masing dua sendok makan bubuk kayu cendana dengan bubuk ketumbar serta air mawar secukupnya agar terbentuk pasta. Balurkan pasta tadi ke kulit yang berbiang keringat, biarkan hingga kering kemudian bersihkan dengan air dingin. Gunakan dua kali sehari selama satu minggu. Cara lebih mudahnya adalah dengan menaburkan bubuk kayu cendana ke area kulit yang mengalami biang keringat.

4. Baking Soda 
Bahan dapur satu ini sudah terkenal akan kemampuannya sebagai exfoliating agen yang dapat membantu membersihkan pori-pori dengan menghilangkan sel kulit mati dan kotoran di kulit. Bahan ini juga dapat mengurangi rasa gatal dan ruam karena biang keringat.
Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan biang keringat: Tambahkan satu sendok makan baking soda ke dalam mangkuk berisi air dingin. Celupkan kain kompres ke dalam mangkuk tadi lalu peras sedikit agar tidak menetes. Letakkan kain tadi pada area kulit yang berbiang keringat selama 10 menit. Ulangi 4 sampai 5 kali seminggu.

5. Lidah Buaya 
Ekstrak jel lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi, menenangkan dan mendinginkan kulit sehingga sangat cocok untuk mengatasi gatal dan ruam akibat biang keringat. Cara menggunakannya seperti berikut: Pisahkan ekstrak jel lidah buaya dari daunnya. Aplikasikan gel tadi ke kulit yang ruam dan gatal. Biarkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali sehari selama seminggu untuk hasil maksimal.