Entri yang Diunggulkan

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah

dikesempatan ini mimin akan membuat artikel tentang 5 Makanan yang harus dihindari demi mencegah kanker. Salah satu penyakit yang palin...

5 Makanan yang menyebabkan kanker datang ! Waspadalah
5 cara mengatasi anemia secara alami

5 cara mengatasi anemia secara alami

- Thursday 2 August 2018


Anemia merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, terutama kaum wanita. anemia terjadi akibat kurangnya sel darah merah atau kekurangan hemoglobin di dalam tubuh. Anemia mengakibatkan sel darah merah semakin menurun atau bisa juga sel darah merah normal namun hemoglobinnya tidak normal atau kurang.

Sel darah merah sangat dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. jika sel darah merah berkurang maka kebutuhan oksigen juga akan berkurang. Kekurangan oksigen akan membuat seluruh fungsi organ tubuh menjadi terganggu.

Gejala anemia biasanya seperti wajah terlihat pucat, lesu, lemas, atau kekurangan tenaga. Jangan disepelekan penyakit anemia ini sebab dapat berdampak buruk jika dibiarkan berlangsung lama. Sebaiknya cari cara mengatasi anemia dengan cepat agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.
Jika anda belum mengetahui bagai mana cara mengatasi anemia sendiri, tenang, anda dapat melihat dari berbagai sumber bagaimana cara mengatasinya sendiri di rumah. Nah, kali ini
Alami Kabeh

akan berbagi tips cara mengatasi anemia dengan cepat tanpa ribet untuk anda.
Sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi anemia, ada baiknya kalau kita mengetahui beberapa informasi pendukung terlebih dahulu seperti jenis anemia, penyebab serta gejala yang ditimbulkan, simak selengkapnya:

JENIS-JENIS ANEMIA

Sebelum kita melihat bagai mana cara mengatasi anemia mari kita lihat terlebih dahulu jenis-jenis anemia yang meliputi:
  • Anemia hemoragi : penyakit anemia ini terjadi akibat kehilangan darah akut atau terlalu banyak kehilangan darah. Penyembuhannya sedikit lambat sebab sumsum tulang akan memproduksi sel darah merah baru secara bertahap agar kembali ke kondisi normal.
  • Anemia defisiensi zat besi : kondisi ini menunjukkan adanya kehilangan zat besi secara berlebihan atau menurunnya daya absorpsi. Hal ini bisa terjadi akibat berkurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi penambah darah
  • Anemia asplastik ( sumsum tulang tidak aktif ) : anemia yang satu ini sangat berbahaya sebab sumsum tulang penghasil darah telah kehilangan fungsinya atau tidak aktif lagi akibat dari pajanan radiasi yang berlebihan, keracunan zat kimia atau terserang kanker. hal ini mengakibatkan penurunan sel darah merah secara besar-besaran.
  • Anemia pernicious : yang disebabkan tubuh tidak memiliki vitamin B12 yang bisa anda dapatkan dari beberapa jenis makanan.

GEJALA ANEMIA MENURUT ORGAN YANG DISERANG

  • Sistem kardiovaskular : jika sistem kardiovaskular yang kekurangan sel darah merah maka tubuh akan menunjukkan gejala seperti berikut ini, cepat lelah, lesu, palpitasi, takikardi, sesak napas saat beraktivitas, angina pektoris serta gagal jantung
  • Sistem saraf : anemia juga bisa menyerang sistem saraf maka gejala yang terlihat seperti, sakit kepala, pusing, mata berkunang-kunang, telinga mendenging, iritabilitas, lemah otot, serta perasaan dingin pada ekstremitas.
  • Sistem urogenital : gangguan menstruasi serta menurunkan libido.
  • Epitel : epitel yang terserang anemia akan menyebabkan warna pucat pada kulit dan mukosa, elastisitas kulit menurun serta rambut menjadi tipis dan halus.

PENYEBAB ANEMIA

Penyakit kekurangan darah atau anemia ini disebabkan malnutrisi atau kurangnya asupan gizi yang seimbang, malabsorpsi atau penyerapan yang kurang baik, kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi terutama kurang konsumsi sayuran,kehilangan banyak darah, hipotensi atau darah rendah, gangguan pencernaan sehingga penyerapan nutrisi terganggu, serta mengidap berbagai penyakit kronik seperti TBC, cacing usus, malaria, serta paru-paru.


1. CARA MENGATASI ANEMIA CEPAT DENGAN SAYUR PENAMBAH DARAH

Ketika anemia menyerang tubuh dan tidak disebabkan karena kondisi penyakit kronik tertentu maka anemia yang anda alami bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin dan berbagai nutrisi.
Terutama pilihlah sayuran yang dapat membantu menghasilkan sel darah merah. Beberapa jenis sayuran yang dianjurkan seperti brokoli, bayam, serta kacang-kacangan. Berikut ini jenis kacang-kacangan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah seperti kacang hijau, kacang merah, serta kacang kedelai.
Selain baik untuk penderita anemia, mengkonsumsi sayur memang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. kebutuhan serat akan terpenuhi dengan baik sehingga mencegah penumpukan lemak dan toksin penyebab berbagai masalah dalam tubuh.

2. CARA MENGATASI ANEMIA CEPAT DENGAN BUAH PENAMBAH DARAH

Cara mengatasi anemia juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah penambah darah. Salah satu penyebab anemia adalah malnutrisi sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi dapat menjadi salah satu solusi kurang darah.
Di dalam berbagai jenis buah-buahan banyak mengandung nutrisi penting sehingga tubuh secara perlahan akan memproduksi sel darah merah. Dengan begitu masalah anemia yang anda alami juga akan teratasi.
Beberapa jenis buah yang dianjurkan seperti buah jeruk, buah kurma, buah delima, buah melon serta masih banyak lagi yang lainnya.

3. CARA MENGATASI ANEMIA CEPAT DENGAN MENGKONSUMSI AIR PUTIH

Jika tiba-tiba anda merasakan kepala pusing, lemas, lesu yang merupakan tanda-tanda anemia sedangkan buah dan sayur penambah buah tidak tersedia disekitar anda, sebaiknya segera minum air putih sebagai pertolongan pertama.
Air putih yang anda konsumsi akan membantu melancarkan peredaran darah serta membantu menormalkan fungsi tubuh. dengan begitu tubuh akan menghasilkan sel darah merah kembali secara perlahan.

4. CARA MENGATASI ANEMIA CEPAT DENGAN ISTIRAHAT

Untuk proses pemulihan anemia sebaiknya anda banyak istirahat. Istirahat yang cukup akan memulihkan kembali tubuh yang lelah setelahnya. Dengan begitu proses penyembuhan anemia juga akan semakin cepat. Istirahat bisa dilakukan dengan tidur sesaat.

4. MAKANAN PENAMBAH DARAH

Asupan makanan bisa menjadi solusi anemia secara alami. Asupan makanan akan membantu yang kekurangan sel darah merah akibat kekurangan nutrisi. Makanan penambah darah sebaiknya dikonsumsi secara teratur untuk menyembuhkan anemia dan mencegahnya datang kembali.
Makanan yang memiliki kandungan zat besi sangat dianjurkan untuk penderita anemia seperti dari daging. Agar penyerapan nutrisi berjalan dengan baik sebaiknya pastikan sudah tidak ada lagi gangguan pencernaan yang anda alami.

5. MENCUKUPI KEBUTUHAN VITAMIN

cara mengatasi anemia bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin. Vitamin bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan sehat seperti ikan, buah, sayur, telur, serta masih banyak lagi jenis makanan lainnya.
Konsumsilah makanan seimbang setiap harinya agar tubuh lebih sehat dan tentunya terbebas dari gangguan anemia atau kekurangan sel darah merah.

sekian diatas adalah penjelasan tentang anemia dan cara mengatasinya dengan cara alami. terimakasih sudah berkunjung diblogger saya share jika bermanfaat kawan